ALGORITMA
Algoritma
berasal dari kata algorism yang artinya proses menghitung dengan angka arab.
Algorism ini di ambil dari kata alkhuarismi/al-hawarismi itu di ambil dari nama
seorang ilmuan matematika yaitu Abu Ja`far Muhammad/ Abu Abdullah Muhammad ibnu
musa al-kharismi dari Uzbakistan,lahir pada tahun 770 M di Harismi (Kheva) yang
letaknya di sebelah sungai oxus (Uzbakistan). Beliau di besarkan di Ba`dah
Irak.
Al-Jabar
Walmu`qobala adalah judul buku yang di ciptakan beliau. Dalam bahasa inggris
The book of restoration and reduction artinya buku pemugaran dan pengurangan.
Dari
buku ini muncul kata aljabar berasal dari buku aquarisme/alharisme.Nama lain
dari aljabar adalah algetbra.
Ø Pengertian
algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan logis.
Tugas I
Membuat
algoritma tentang rumah
*Masalah
: Ingin membuat kamar
1.
Tepatkan tempat yang akan di buat kamar
2.
Sediakan bahan-bahan atau alat-alat yang di
perlukan
3.
Ukur panjang,lebar,dan tinggi ruangan kemudian di
cocokkan dengan kayu sebagai tiang,papan/tripleks sebagai dinding.
4.
Pasang tiang untuk di setiap sudut,pastikan tidak
roboh dengan mengeratkan menggunakan paku,kemudian pasang papan/tripleks untuk
dinding kecuali pintu.
5.
Buat papan untuk pintu dengan ukuran dengan ukuran
yang di tentukan.
6.
Bila sudah jadi pasang pintu dengan engselnya
kemudian di eratkan dengan paku.
7.
Lalu di tes-tes (buka tutup).
Tugas II
Pisahkan
langkah-langkah pada tugas 1 dengan 3 tahap. Algoritma secara umum algoritma
terbagi 3 tahap
1.
Kegiatan memulai
2.
Kegiatan proses
3.
Kegiatan mengakhiri
Tugas III
Membuat
algoritma menggunakan rumus matematika.
Mulai 1. Dik = jarak kota A dan B pada peta 5
cm. berskala 1:60000
2. Masalah = Tentukan jarak sebenarnya
Proses 3. Penyelesaian =
=
5 cm : 1/60000
=
5 cm x 60000/1
=
300.000 cm km
End
= 3 km
Perbaikan
tugas 1 serta jawaban tugas II
Ingin membuat kamar tidur
*Tahap
mulai (start)
1.
Sediakan tempat yang akan di buat kamar
2.
Sediakan bahan-bahan dan alat yang di perlukan
*Tahap
proses (procces)
3.
Ukur luas kamar kemudian cocokkan dengan kayu sebagai tiang.
4.
Pasang tiang kayu dan dinding tripleks pada tempatnya,kemudian eratkan dengan
paku.
5.
Buat papan untuk pintu dengan ukuran yang sudah di tentukan.
6.
Bila sudah jadi pasang pintu dengan engsel kemudian eratkan dengan paku.
*Tahap
akhir (end)
7.
Kemudian di tes-tes (buka-tutup pintu
Perbaikan
tugas III
“SKALA” (tentukan jarak kota A dan B)
1.
Start
2.
Masukkan nilai = jarak pada peta 5 cm,skala
1:60000
3.
Proses, jarak sebenarnya = jarak pada peta : skala
= 5 cm : 1/60000
= 5 cm x 60000/1
= 300.000 cm km
4.
Menghasilkan jarak sebenarnya = 3 km
5.
Selesai
Algoritma
pelajaran/tugas 1 tentang membuat kamar tidur
1.
Masalah Tertimpah kayu
2.
Gejalah
-Memar
-Berdarah bila terkena kepala
-Patah tulanG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar